Menu

Menuju Gerbang Ibukota Negara di Era 4.0

0 Comment

Seperti kita ketahui bersama, Banjarmasin dalah salah satu kota modern dan maju di Kalimantan Selatan. Tahun 2020 ini Banjarmasin beranjak dengan usia 494. Banjarmasin kita kenal mempunyai sejarah yang sangat panjang dalam segala aspek, baik bidang ekononi, sosial dan budaya. Kota Banjarmasin sendiri memiliki magnet yang sangat kuat bagi masyarakat karena merupakan salah satu central utama ekonomi di pulau Kalimantan. Kehidupan masyarakat yang terkenal ramah dan menjunjung tinggi toleransi membuat berbagai macam kalangan masyarakat dari manapun untuk datang menikmati kuliner dan juga wisata sungai yang semakin membuat kota Banjarmasin dikenal seantero dunia.

Dengan segala kelebihan itu, wajar jika Banjarmasin khususnya dan Kalimantan Selatan umumnya melangkah maju dalam mempersiapkan tatanan perubahan yang akan dihadapi guna menyongsong pembangunan dimasa yang akan datang dimana peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi salah satu pilar utama dalam menunjang ibukota baru nantinya. Berbicara tentang ibu kota baru yang dalam beberapa tahun lagi akan menjadi nyata, tentunya menjadi perhatian bagi kita semua terutama masyarakat di Kalimantan.

Banjarmasin yang berjarak 478.8 km dengan Kabupaten Penajam Paser Utara tentunya menjadi salah satu wilayah yang dapat menjadi daerah penyangga utama dalam mempersiapkan segala sesuatu terutama sumber daya manusia. Sumber Daya Manusia menjadi hal yang paling penting untuk dipersiapkan dalam menyongsong ibukota baru tersebut. Perubahan yang terjadi begitu cepat saat ini terutama dalam bidang teknologi informasi, harus menjadi perhatian utama dari semua kalangan untuk dapat berkolaborasi memepersiapkan SDM yang unggul dan serta mempunyai nilai-nilai etika yang baik. Langkah cepat perkembangan teknologi di era 4.0 tentunya menjadi refleksi untuk kita pahami secara holistik.

Di dalam masyarakat dunia saat ini sedang berhadapan dengan sebuah aliran gelombang perubahan yang begitu sulit untuk dipahami. Keadaan sosial, ekonomi, pekerjaan masyarakat semakin cepat berubah dengan hadirnya perangkat-perangkat teknologi digital yang seakan tiada henti memanjakan penggunanya. Pengaruh-pengaruh teknologi Artificial Intelligence, IoT, Big Data, dan Data Science memang sudah masuk dalam sendi kehidupan kita yang mana dari pengaruh teknologi terbaru ini akan berdampak terjadinya automatisasi secara masif dalam kehidupan masyarakat dunia serta melahirkan pengetahuan-pengetahuan baru yang mana menuntut sumber daya manusia untuk cepat beradaptasi dengan gelombang perubahan saat ini. Berbicara tentang perpindahan ibukota nantinya, tentunya ini akan memaksa kita untuk cepat beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang akan terjadi.

SDM unggul, Indonesia Maju

Mambang, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *